Contoh Surat Undangan Rapat Karang Taruna Format Word

Download Undangan Rapat Karang Taurna - Karang taruna merupakan organisasi kepemudaan yang mana organisasi ini bergerak dalam bidang sosial kesejahteraan untuk memajukan Desa. Organisasi ini bersifat sosial kemasyarakatan. Sehingga dalam berorganisasi karang taruna diperlukan kesadaran dan jiwa sosial yang tinggi.

Yang kita tahu selama ini karang taruna hanya sebagai organisasi penggerak saat kegiatan 17 agustusan maupun acara sosial disebuah desa. Lebih dari itu, pemuda karang taruna memiliki tugas agar masyarakat yang ada dikampung dapat menjadi masyarakat desa yang mandiri, terutama dalam bidang wirausaha.

Terlebih lagi saat ini, Pemerintah di Era Pak Jokowi mengglontorkan Dana Desa sebesar 1 milliar untuk pembanguna infrastruktur Desa. Sudah seharusnya pemuda karang taruna diberikan kesempatan untuk ikut andil dalam pembangunan desa, terutama dibidang ekonomi.

Undangan Rapat Karang Taruna Word
Contoh Undangan Rapat Karang Taruna


Tugas, Fungsi dan Tujuan Karang Taruna

Berikut ini beberapa pengertia mengenai tugas, fungsi dan tujuan karang taruna yang wajib diketahu setiap anggota.

Tugas Pokok Karang Taruna 

Secara bersama sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Fungsi Karang Taruna 

1.  Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial.
2.  Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat.
3. Penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda secara komprehensif, terpacu dan terarah serta berkesinambungan.
4. Penyelenggara kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.
5. Penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda.
6. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik lndonesia.
7. Pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.
8. Penyelenggara rujukan, pendampingan, dan advokasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.
9. Penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya.
10. Penyelenggara Usaha usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual.

Anggota Karang Taruna terdiri dari Anggota Pasif dan Anggota Aktif:

1. Anggota Pasif adalah keanggotaan yang bersifat stelsel pasif (Keanggotaan otomatis), yakni seluruh remaja dan pemuda yang berusia 11 s/d 45 tahun;
2. Anggota Aktif adalah keanggotaan yang bersifat kader, berusia 11 s/d 45 tahun dan selalu aktif mengikuti kegiatan Karang Taruna.

Tujuan Karang Taruna 

1. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.
2. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga Karang Taruna yang trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.
3. Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan keberdayaan warga Karang Taruna.
4. Termotivasinya setiap generasi muda Karang Taruna untuk mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
5. Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.
6. Terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
7. Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan oleh Karang Taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya.

Download Surat Undangan Rapat Karang Taruna Word

Nah, setelah membahas panjang lebar mengenai funsi, tugas dan tujuan karang taruna, kali ini Admin akan membahas mengenai rapat karang taruna. 

Dalam setiap kegiatan desa, tentunya para anggota karang taruna harus merapatkan dahulu mengenai kegiatan yang harus dijalankan. Maka dari itu dubutuhkanlah surat undangan rapat karang taruna untuk menginformasikan kepada para anggota mengenai rapat yang akan diadakan.

Undangan rapat karang taruna bisa menggunakan pesan singkat seperti whatsapp atau pemberitahuan secara lisan. Akan tetapi jika kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan besar, alangkah baiknya undangan rapat dibuat resmi.

Contoh Undangan Rapat Karang Taruna

KARANG TARUNA RW.02
Kel. Watuaji Kec. Sigedang
Kota Demak – Jawa Tengah
Alamat : Desa Watuaji - RT08/RW02

====================================================

Demak, 29 Deember 2020

Kepada : Anggota Karang Taruna
Perihal : Undangan Rapat
No. Surat : KT/RW02/XII/2020

Dengan Hormat, Bersama dengan ini kami mengharapkan kehadiran seluruh Pemuda
Pemudi Karang Taruna RW.02 untuk mengahadiri Agenda Rapat yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Minggu, 07 Agustus 2018
Waktu : 09:00 WIB
Tempat : Kantor RW.05
Acara : Pembentukan Tim Pelaksana BUMDES

Demikian Undangan ini kami sampaikan, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya. Atas
kehadirannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,
Ketua Karang Taruna RW.02
Ttd & stempel
SUMINTO

Undangan Rapat Karang Taruna Word

Format undangan dapat Anda download melalui link yang ada dibawah. Contoh surat undangan word ini dibuat menggunakan Ms. Word sehingga lebih memudahkan untuk diedit. Silahkan pergunakan untuk keperluan rapat.

Undangan Rapat Karang Taruna Doc - Download

Demikian artikel mengenai contoh surat undangan rapat karang taruna. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak melaksanakan agenda rapat desa. Terimakasih atas kunjuganya.
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari advertiser dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Undangan Rapat Karang Taruna Format Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel